PITUTUR.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus-menerus menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM untuk Go Global.
Sebagai bentuk langkah nyata, BRI melalui Bank Representative Saudi Arabia menampilkan produk dari lima UMKM binaan alumni Brilianpreneur, yaitu Restu Mande, Arva, Matoh, Havilla Tea, Muniru Coffee di Pameran “Amazing Indonesia” yang berlangsung pada 26-28 September 2024 di Hotel Al Mutlaq, Al Madinah Road, Jeddah.
Event ini diselenggarakan oleh KJRI Jeddah yang bekerja sama dengan ITPC Jeddah. Dalam acara ini terdapat 26 peserta yang terdiri dari 8 perusahaan Arab Saudi sebagai importir produk consumer goods Indonesia, BPKH Limited, Koperasi Amphura, Dirjen Imigrasi, 2 Perbankan Indonesia (BRI dan BSI) serta peserta UMKM Indonesia lainnya.
pBaca Juga: BRI Persiapkan UMKM Indonesia yang Tembus Pasar Global untuk Gelar SMEstaTalk
Selama kegiatan ini berlangsung, terdapat beberapa potensial buyer yang mengunjungi booth BRI. Mulai dari artisan coffee house di Saudi Arabia, asosiasi hotel, dan juga yang lainnya.
Kikutsertaan BRI dalam pameran ini merupakan sebauah bagian dari Road to BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang sebelumnya program tersebut dikenal dengan nama UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.
Perubahan nama tersebut juga merupakan sebuah langkah untuk memperkuat posisi BRI sebagai bank yang konsisten dan mendukung UMKM dengan menyelenggarakan acara BRI MICROFINANCE OUTLOOK secara bersamaan pada event BRI UMKM EXPO(RT) 2025.
Baca Juga: UMKM Ikan Asap Bulukumba Berhasil Tembus Pasar Internasional Berkat Pemberdayaan BRI
Diketahui, BRI mempunyai Bank Respresentative di Luar Negeri yang aktif bekerjasama dengan KJRI dan ITPC luar negeri.
Hal ini bertujuan untuk BRI ikut serta dalam memberikan dampak perluasan jaringan bisnis, membangun reputasi produk lokal yang berkualitas tinggi serta meraih peluang pasar yang lebih luas.
Amam Sukriyanto, selakh Direktur Commercial, Small, and Medium mengungkapkan bahwa BRI UMKM EXPO(RT) merupakan langkah konkret yang diberikan BRI sebagai bentuk komitmen BRI dalam memberikan dukungan UMKM untuk siap bersaing di pasar global.
“BRI UMKM EXPO(RT) menjadi momentum strategis bagi UMKM baik yang sekarang sudah bermitra dengan BRI maupun yang baru berminat untuk bergabung memperluas jangkauan pasar mereka dan mempertemukan mereka dengan potential buyer internasional. BRI terus berkomitmen untuk terus memajukan UMKM, baik dari sisi pemberian pembiayaan, pendampingan bisnis, program pemberdayaan hingga bagaimana mengakses pasar yang lebih luas sampai ke pasar global,” ujar Amam.
Berbagai kegiatan terkait pengembangan UMKM diharapkan dapat memberikan dampak positif dan meluas pada kemajuan, serta pengembangan kapasitas serta kualitas pelaku usaha Indonesia.
Artikel Terkait
BRI Luncurkan Fitur “Kirim Barang” melalui PosAja! di BRImo Guna Perkuat Sinergi bersama Pos Indonesia
Tingkatkan Kualitas Kesehatan di Indonesia, BRI Jalin Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan Guna Sediakan Pembiayaan Infrastruktur Kesehatan
UMKM Ikan Asap Bulukumba Berhasil Tembus Pasar Internasional Berkat Pemberdayaan BRI
BRI Persiapkan UMKM Indonesia yang Tembus Pasar Global untuk Gelar SMEstaTalk