PITUTUR.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus menunjukkan komitmennya guna mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.
Dengan menyelenggarakan webinar eksklusif, SMEs Loyalty Talks #SMEstaTalks Episode 3 pada akhir September 2024 lalu, BRI terus berusaha memaksimalkan dukungan untuk UMKM.
SMEstaTalk ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian inisiatif BRI sebagai sarana memperluas akses pasar serta meningkatkan daya saing UMKM Indonesia di kancah internasional.
Baca Juga: UMKM Ikan Asap Bulukumba Berhasil Tembus Pasar Internasional Berkat Pemberdayaan BRI
Acara ini merupakan serangkaian pelatihan-pelatihan online yang memberikan pembekalan komprehensif kepada nasabah BRI supaya mereka dapat mengembangkan usaha hingga siap untuk di ekspor ke berbagai negara.
Program ini tidak hanya fokus pada peningkatan literasi dan inklusi saja, tetapi juga menghadirkan para ahli yang kompeten untuk berdiskusi tentang sebuah topik terkini yang dapat memaksimalkan potensi usaha nasabah.
Dalam enam bulan terakhir ini, SMEstaTalk telah dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan jumlah peserta yang hampir mendekati seribu orang.
Pelatihan online ini sekaligus menjadi bagian dari kolaborasi antara BRI dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Amam SukriyatnoDirektur, selaku Commercial, Small & Medium Business BRI mengatakan,
“Untuk mendukung pengembangan UMKM agar dapat menjadi lebih tangguh dan maju, kolaborasi semua pihak terkait sangat penting. Tidak cukup bagi bank untuk menjadi satu-satunya pendukung, karena kebutuhan UMKM lebih dari sekadar pendanaan. Meskipun pendanaan dapat mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh UMKM, itu bukan satu-satunya faktor yang diperlukan untuk pengembangan mereka.” tuturnya.
Dan lebih penting lagi, semua stakeholders yang berkolaborasi harus memberikan edukasi yang memadai kepada pengusaha UMKM mencakup bagaimana produksi barang dan jasa yang efisien, inovasi berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan masyarakat.
Selain itu dibutuhkan juga pemahaman tentang pengelolaan keuangan yang sehat, dan hal yang perlu dipersiapkan UMKM agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas.
Artikel Terkait
Sunarso, Direktur Utama BRI Dinobatkan Sebagai CEO of The Year, Mampu Raih 2 Penghargaan Bergengsi Pada detikcom Awards 2024
BRI Luncurkan Fitur “Kirim Barang” melalui PosAja! di BRImo Guna Perkuat Sinergi bersama Pos Indonesia
Tingkatkan Kualitas Kesehatan di Indonesia, BRI Jalin Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan Guna Sediakan Pembiayaan Infrastruktur Kesehatan
UMKM Ikan Asap Bulukumba Berhasil Tembus Pasar Internasional Berkat Pemberdayaan BRI