PITUTUR.id - Gofood, layanan pesan-antar online dari Gojek, menjadi pilihan utama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner di Indonesia.
Menurut riset Alvara Research Center, hampir semua responden (99,3%) menggunakan Gofood sebagai platform online food delivery (OFD) mereka.
Gofood unggul jauh dari pesaingnya, seperti GrabFood yang hanya digunakan oleh 98,8% responden dan ShopeeFood yang hanya digunakan oleh 70,2% responden.
Platform OFD lainnya hanya digunakan oleh 10,8% responden.
Riset Alvara juga menunjukkan bahwa mayoritas UMKM kuliner di Indonesia sudah bermitra dengan OFD selama lebih dari 3 tahun.
Pandemi Covid-19 juga mendorong peningkatan jumlah UMKM kuliner yang bergabung dengan OFD.
Pada tahun 2020-2021, sekitar 45,8% UMKM kuliner bergabung dengan OFD.
"Ada indikasi minimal 2 platform OFD yang digunakan dan mayoritas adalah pengguna Gofood dan GrabFood," tulis Alvara dalam laporannya.
Riset ini dilakukan untuk mengukur perkembangan digitalisasi UMKM kuliner di Indonesia dengan menggunakan OFD atau ojek online.
Riset ini melibatkan 1.937 pelaku UMKM kuliner yang tersebar di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bandung.
Riset ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error 2,27%. Riset ini dilakukan pada Agustus-Oktober 2022.
Artikel Terkait
UMKM, Pilar Ekonomi Indonesia di Tengah Pandemi
Pedagang UMKM di Bandar Lampung Nikmati Gratis Sewa Kios di Taman Kuliner
Cara Mudah Dapat BLT UMKM Rp 3 Juta Tanpa Daftar BPUM, Cukup Terdaftar di Platform Digital Ini
30 UMKM Kota Malang Tunjukkan Potensi Produk Unggulan di Dekranasda Fest 2023
UMKM di China dan Indonesia: Siapa Lebih Unggul?
Sedikit yang Tahu, Semarang, Kota yang Bangkit dari Pandemi dengan UMKM
Tim PKM Unsam Bantu UMKM di Langsa dengan Mesin Pencacah
Libatkan 40 UMKM, Bali Interfood 2023 Bakal Jadi Pameran Industri Kuliner Internasional yang Menggugah Selera