Rumah BUMN binaan BRI Kembangkan Pelaku Usaha UMKM

Photo Author
- Rabu, 20 November 2024 | 10:41 WIB
Rumah BUMN binaan BRI mengadakan bazar di Area Taman BRI Jakarta, pada Jumat, (15/11) guna kembangkan pelaku usaha UMKM
Rumah BUMN binaan BRI mengadakan bazar di Area Taman BRI Jakarta, pada Jumat, (15/11) guna kembangkan pelaku usaha UMKM

PITUTUR.id — Dihadapkan dengan tantangan persaingan bisnis yang semakin kompleks ini, Rumah BUMN hadir sebagai wadah kolaborasi yang menghubungkan BUMN dengan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Inisiatif yang dihadirkan oleh Kementerian BUMN ini memiliki tujuan guna memberikan dukungan konkret bagi UMKM dalam menghadapi berbagai kendala yang terus menghalangi mereka untuk berkembang.

Melalui pendekatan yang holistik, Rumah BUMN bukan hanya sekadar menjadi tempat bertemunya berbagai pihak, tetapi juga berfokus untuk peningkatan kompetensi pelaku UMKM, memperluas jangkauan pasar, dan mempermudah akses permodalan.

Baca Juga: Bazar UMKM BRILiaN Kembali Digelar guna Bantu Berdayakan dan Perluas Pasar Pelaku Usaha

Selaras dengan tujuan tersebut, Rumah BUMN binaan BRI ini hadir di Jakarta untuk menjadi wadah para pengusaha kecil untuk tumbuh, belajar, dan berkembang melalui berbagai pelatihan dan program.

Jajang Rohmana, Koordinator di Rumah BUMN Jakarta mengatakan bahwa Rumah BUMN yang berlokasi di Jl. Letjen S. Parman, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta tersebut hadir sebagai jembatan antara para pelaku UMKM dan berbagai peluang yang ada di pasar.

"Kami memberikan pendampingan untuk UMKM, mulai dari proses packaging hingga distribusi dan pelatihan-pelatihan yang kami adakan mencakup berbagai aspek penting seperti pemasaran dan digital marketing," ujarnya.

Baca Juga: Pulihkan Hutan Bekas Tambang, Bersama BRI Kelompok Tani Selamatkan Lingkungan dengan Menanam- Grow & Green

Diketahui setiap bulannya, BUMN Jakarta berhasil mengadakan 20 hingga 30 pelatihan yang ditujukan untuk para pelaku UMKM. Setiap pelatihan sudah dirancang untuk mengasah keterampilan penting yang dapat langsung diterapkan dalam bisnis mereka.

Mulai dari pelatihan packaging yang membantu produk UMKM tampil lebih menarik di pasaran, hingga mengenai pelatihan pemasaran digital yang mengajarkan bagaimana cara memanfaatkan platform online untuk menjangkau pasar lebih luas.

"Kami memetakan kebutuhan masing-masing UMKM, jika ada yang membutuhkan pelatihan di bidang digital marketing, kami siapkan, jika mereka lebih membutuhkan pelatihan offline, kami adakan secara langsung di Rumah BUMN Jakarta,” jelasnya.

Baca Juga: BRI Bagikan Tips Pengelolaan Keuangan dan Investasi Bagi Generasi Muda

Saat ini sudah lebih dari 6.000 UMKM yang mendapatkan manfaat dari program ini. Mayoritas peserta berasal dari sektor F&B (Food and Beverage), fashion, dan kerajinan tangan. Terutama di Jakarta, sektor F&B sangat mendominasi, namun tidak jarang juga ada pelaku bisnis fashion dan craft.

Ramaikan Bazar UMKM BRILiaN

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Ahmad Bastoni

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Tragedi Kematian RAYA, Potret Kesehatan Anak Bangsa

Senin, 22 September 2025 | 10:33 WIB

BKPSDM Sumenep Fasilitasi PPPK dengan Jaminan Hari Tua

Sabtu, 6 September 2025 | 12:49 WIB

Terpopuler

X