Mendengar Suara Pelanggan, Kunci Sukses Startup

Photo Author
- Minggu, 27 Agustus 2023 | 21:14 WIB
Ilustrasi mendengar suara pelanggan
Ilustrasi mendengar suara pelanggan

PITUTUR .id - Di era digital seperti sekarang, banyak bermunculan startup yang menawarkan berbagai solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun, tidak semua startup bisa bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang ketat. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan startup adalah kemampuan mereka untuk mendengarkan suara pelanggan dan menyesuaikan produk atau layanan mereka sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar.

Salah satu startup yang berhasil melakukan hal itu adalah Gapura.id, sebuah platform online yang menghubungkan pemilik rumah dengan penyedia jasa renovasi rumah.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Mentor Adalah Kunci Sukses Startup

Startup ini didirikan oleh Rizky Pratama dan Dewi Sari pada tahun 2021, dengan visi untuk memberikan solusi praktis dan terpercaya bagi masyarakat yang ingin merenovasi rumah mereka.

"Kami melihat ada kesenjangan antara permintaan dan penawaran jasa renovasi rumah di Indonesia. Banyak pemilik rumah yang kesulitan mencari penyedia jasa yang profesional, berkualitas, dan transparan.Di sisi lain, banyak penyedia jasa yang tidak memiliki akses ke pasar yang luas dan tidak memiliki sistem manajemen proyek yang baik. Kami ingin menjembatani kesenjangan itu dengan menyediakan platform online yang mudah digunakan, aman, dan terpercaya," ujar Rizky, CEO Gapura.id.

Baca Juga: Bagaimana Melindungi Bisnis dan Kekayaan Intelektual Startup Anda dari Risiko Hukum?

Untuk mencapai visi tersebut, Gapura.id tidak hanya mengandalkan ide dan intuisi mereka sendiri, tetapi juga menggali umpan balik dari pelanggan mereka.

Mereka melakukan survei kepuasan pelanggan secara rutin, mengadakan diskusi kelompok terarah (focus group discussion) dengan pemilik rumah dan penyedia jasa, serta memanfaatkan media sosial dan aplikasi pesan untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

"Umpan balik pelanggan sangat penting bagi kami, karena mereka adalah pengguna akhir dari produk kami. Dengan mendengarkan suara mereka, kami bisa mengetahui apa yang mereka sukai, apa yang mereka butuhkan, dan apa yang bisa kami perbaiki. Umpan balik pelanggan juga menjadi sumber inspirasi bagi kami untuk mengembangkan fitur-fitur baru yang bisa memberikan nilai tambah bagi mereka," tutur Dewi, CTO Gapura.id.

Berbekal umpan balik pelanggan, Gapura.id terus melakukan inovasi dan peningkatan pada produk mereka.

Beberapa fitur baru yang mereka luncurkan antara lain adalah Gapura Chat, sebuah fitur percakapan langsung antara pemilik rumah dan penyedia jasa; Gapura Review, sebuah fitur ulasan dan rating dari pelanggan terhadap penyedia jasa; dan Gapura Academy, sebuah program pelatihan dan sertifikasi bagi penyedia jasa untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme mereka.

Baca Juga: Jaringan, Kunci Kesuksesan Startup di Era Digital

"Kami percaya bahwa dengan mendengar suara pelanggan, kami bisa memberikan produk atau layanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan mereka. Kami juga percaya bahwa dengan memberdayakan penyedia jasa, kami bisa meningkatkan kesejahteraan dan kredibilitas mereka. Dengan demikian, kami bisa menciptakan ekosistem yang saling menguntungkan bagi semua pihak," pungkas Rizky.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Rasyiqi

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Apakah ABC Produk Israel? Simak Fakta-fakta Lengkapnya

Minggu, 19 November 2023 | 06:30 WIB

Terpopuler

X