PITUTUR.id - Kurikulum International Primary Curriculum (IPC) dibuat untuk mendukung pengembangan holistik peserta didik berusia 5-11 tahun dengan pembelajaran yang menyenangkan, relevan, dan ketat, dimana mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang kompeten secara global, sadar sosial, dan termotivasi.
IPC merupakan kerangka pembelajaran dengan materi komprehensif dan pedagogi progresif tertentu yang diciptakan untuk pelajar, guru, dan pemimpin, ditingkatkan dengan pengembangan profesional dan layanan dukungan dari Asosiasi Kurikulum Internasional (ICA).
Kurikulum IPC menerapkan sifat pembelajaran transformatif dengan tujuan meningkatkan pembelajaran untuk semua tingkatan siswa.
IPC dirancang berdasarkan tujuh landasan untuk meningkatkan pembelajaran:
1. Tujuan Pembelajaran Pribadi, Internasional, dan Subjek yang berfokus pada peserta didik.
2. Pedagogi Progresif.
3. Sebuah Proses untuk Memfasilitasi Pembelajaran untuk Semua.
4. Pembelajar yang Kompeten Secara Global.
5. Pengetahuan, Keterampilan dan Pemahaman diajarkan, dipelajari dan dinilai secara berbeda.
6. Pembelajaran Terhubung.
7. Penilaian untuk Peningkatan Pembelajaran.
Kurikulum International Primary Curriculum memiliki beberapa keunggulan yang bisa membuat kurikulum ini termasuk kurikulum yang bisa bersaing di dunia pendidikan, yaitu;
a. Melibatkan Anak-anak
IPC memiliki lebih dari 80 unit pembelajaran tematik yang berbeda; semua topik modern yang ramah anak dan menarik bagi semua usia anak sekolah dasar. Guru menggunakan tema sebagai pengait, platform pembelajaran, dan ‘kertas pembungkus’ untuk melibatkan anak-anak.
b. Pembelajaran yang Ketat
IPC menggabungkan sebagian besar mata pelajaran inti termasuk sains, sejarah, geografi, ICT, Seni dan olahraga dan memberikan banyak peluang untuk menggabungkan literasi dan numerasi.
Setiap mata pelajaran kemudian mempunyai sejumlah tugas belajar untuk membantu guru membantu anak-anaknya mencapai berbagai tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam kurikulum.