Mengintip Apa yang Dimaksud dengan Pendidikan Anak Usia Dini Serta Pentingnya Bagi Perkembangan Anak

Photo Author
- Minggu, 28 Januari 2024 | 08:04 WIB
Pendidikan Anak Usia Dini (freepik)
Pendidikan Anak Usia Dini (freepik)

PITUTUR.id - Anak usia dini adalah anak dengan rentang usia 0-8 tahun, sedangkan menurut Biecheler dan Snowman, yang dimaksud anak prasekolah ialah mereka yang berusia antara 3-6 tahun.

Beberapa orang menyebut anak yang berada diusia ini sebagai golden age karena dimasa ini sangat menentukan seperti apa mereka kelak jika dewasa baik dari segi fisik, mental maupun kecerdasan.

Memberikan pendidikan kepada anak di usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia delapan tahun.

Baca Juga: Tips Memilih Metode Pendidikan yang Tepat untuk Mengembangkan Bakat Anak

Dimana pendidikan anak usia dini (PAUD) dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan yang dapat membantu pertumbuhan anak, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

PAUD bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut.

Dimana sesuai dengan isi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam pasal 28 menyebutkan bahwa:

Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Moral, Agama, dan Budaya bagi Perkembangan Anak-Anak

(1) PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.
(2) PAUD diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal.
(3) PAUD dijalur pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK), raudatul athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat.
(4) PAUD dijalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.

Pentingnya pendidikan anak usia dini diberikan kepada anak di golden age karena pada masa ini, si kecil mengalami perkembangan yang pesat terutama dalam aspek kecerdasan otak.

Terdapat aspek penting dalam membentuk kecerdasan, kepribadian, dan kemampuan mereka di masa mendatang ketika menerima pendidikan anak usia dini.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Keunggulan Kurikulum Cambridge yang Digunakan Oleh Sekolah Swasta Berbasis Internasional

Apabila anak tidak mencapai atau mengalami hambatan dalam salah satu dari keenam aspek tersebut, dapat mengakibatkan tantangan dalam tumbuh kembang mereka. Berikut keenam aspek tersebut;

 

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Ahmad Bastoni

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X