Remote Work dan Hybrid Working: Keuntungan dan Tantangan di Era Endemi

Photo Author
- Senin, 4 September 2023 | 13:08 WIB
Ilustrasi Pekerja yang sedang bekerja secara remote work di Coffee Shop (Isal Arham)
Ilustrasi Pekerja yang sedang bekerja secara remote work di Coffee Shop (Isal Arham)

 

PITUTUR.id - Bekerja secara Remote Work (jarak jauh) dan Hybrid Working, yang sebelumnya hanya menjadi pilihan bagi sebagian pekerja, kini menjadi keharusan bagi banyak perusahaan untuk tetap beroperasi di tengah perubahan ekonomi akibat pandemi covid-19 yang lalu.

Selain Remote Work, ada juga konsep Hybrid Working, yaitu bekerja secara fleksibel antara kantor dan tempat lain, yang mulai diterapkan oleh beberapa perusahaan sebagai alternatif untuk mengakomodasi kebutuhan dan preferensi karyawan mereka.

Baca Juga: Menghadapi Inflasi dan Resesi, Ini Tips untuk Bertahan di Dunia Kerja

Remote work dan hybrid working memiliki keuntungan dan tantangan tersendiri, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang dua cara kerja ini.


Keuntungan Remote Work dan Hybrid Working

Bekerja secara remote atau hybrid memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Fleksibilitas waktu dan lokasi

Remote work dan hybrid working memungkinkan karyawan untuk menentukan jadwal dan tempat kerja mereka sendiri, asalkan ada koneksi internet yang memadai.

Karyawan bisa bekerja di rumah, kafe, co-working space, atau tempat lain yang mereka inginkan.

Hal ini bisa membantu karyawan untuk menyesuaikan pekerjaan dengan gaya hidup dan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Simak, Ini 5 Alasan Pentingnya Generasi Milenial Go Digital

Keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi

Dengan bekerja secara remote atau hybrid, karyawan bisa mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi yang lebih baik.

Karyawan memiliki kebebasan mengatur waktu luang mereka, menjalankan hobi, atau menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa terbatas oleh jam kerja yang kaku.

Karyawan juga bisa menghindari macet di perjalanan pulang-pergi ke kantor, sehingga punya lebih banyak waktu untuk hal-hal di luar pekerjaan yang mereka nikmati.

Menghemat biaya

anpa harus pergi ke kantor setiap hari, karyawan bisa menghemat biaya transportasi, makan siang, atau biaya lain yang biasanya dikeluarkan saat bekerja di kantor.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Isal Arham

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X